Trend Digital : E-commerce, Online Shopping dan Social Media

Indonesia secara cepat muncul sebagai pangsa pasar digital terbesar di Asia Tenggara, dengan pengguna media social yang mencapai angka 73 Juta dan angka tersebut diproyeksikan akan menembus 100 Juta dalam waktu 3 tahun (Statistia, 2013).

Facebook sejauh ini merupakan media social paling popular di Asia Tenggara, dengan angka partisipasi pengguna aktif mulai dari 66% hingga 92% dimana Indonesia berada di tengah-tengah dengan angka partisipasi 80% (ComScore, 2013). Indonesia memimpin dalam hal penggunaan twitter dimana sekitar 26% dari pengguna aktif jejaring internet memiliki akun twitter, diatas Filipina dan Malaysia yang mencatatkan angka 20% dan 16% masing-masing.
Sebagai tambahan dari penggunaan media social, daerah Asia Tenggara juga dikenal sebagai pangsa pasar untuk aplikasi pesan bagi smartphone. Aplikasi popular seperti whatsap, Line, WeChat dan BBM memiliki jutaan pengguna aktif di daerah ini.

© 2018 IT Learning Center Indonesia
IT Learning Center @ Proxsis Space