Penggunaan password yang unik dan rumit tentu sangat membantu menjaga keamanan akun kita. Tapi sayangnya masih banyak pengguna internet yang membuat password yang mudah ditebak walaupun menurut pengguna password tersebut sudah cukup rumit.

Layanan manajer password, Dashlane, baru-baru ini mengeluarkan hasil studi yang meneliti 61 juta password. Password-password ini dikumpulkan dari kebocoran data yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini dan tersedia untuk riset.

Selain password yang umum seperti iloveyou, ferrari, dan starwars, Dashlane menemukan fenomena yang disebut password walking.

Password walking ini terlihat rumit, karena menggunakan dua karakter yang berdekatan, tapi sebenarnya mudah ditebak. Contoh password ini antara lain 1q2w3e4r, zaq12wsx, and [email protected], seperti dikutip detikINET dari Lifehacker, Jumat (25/5/2018).

Baca juga : Facebook Bantah Jual Data Pribadi Pengguna Indonesia

Selain itu, pengguna juga sering menggunakan nama layanan yang digunakannya untuk menjadi basis passwordnya. “Jika peretas mengetahui basis password seseorang maka akan sangat mudah untuk memprediksi variasi selanjutnya,” kata Senior Manajer Dashlane, Ryan Merchant.

Jadi jika pengguna menambahkan “tidder” di password untuk akun Redditnya, maka peretas dapat memperkirakan kalau pengguna yang sama akan memiliki “koobecaf” pada password Facebooknya.

Selain itu, peretas juga dapat dengan mudah menebak jika pengguna mengganti huruf dan angka dengan simbol. Misalnya dengan mengganti huruf “i” menjadi simbol “!”.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat menggunakan layanan manajer password. Selain dapat mengingat setiap password kita, layanan ini juga dapat membuat password yang random untuk kita gunakan.

 

Sumber : Virgina Maulita Putri – detikInet

0
Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2018 IT Learning Center Indonesia
IT Learning Center @ Proxsis Space