Ini Tandanya bila UI/UX Design Kamu Sudah Menarik!

Segala hal yang berbau desain tentu menyangkut kreativitas dan kebebasan yang dibuat untuk menarik para penikmat desain tersebut. Namun, tidak semata-mata kebebasan, semuanya tentu perlu dikaji lebih dalam agar desain yang kamu buat tidak asal-asalan dan tetap memegang pedoman yang sesuai kebutuhan pengunjung.

Sama halnya dengan desain gambar, desain UI/UX ternyata justru harus lebih diperhatikan kembali, karena ini menyangkut tentang kemudahan pengguna dalam menggunakan suatu website ataupun aplikasi.

Biztech Academy telah merangkum beberapa hal berikut ini yang menandakan bahwa UI/UX design yang kamu buat sudah memenuhi syarat sebagai situs atau aplikasi yang layak untuk diakses:

Responsif

Interface yang telah kamu buat harus bergerak cepat dan tidak menghabiskan waktu lama untuk proses loading. Situs atau aplikasi yang memakan waktu terlalu lama untuk loading, akan menimbulkan rasa tidak puas dari pengguna karena selain menghabiskan waktu, kredibilitas situs atau aplikasi pun mulai diragukan. Hal ini sangat penting terlebih jika bisnis yang kamu jalankan memiliki banyak kompetitor, karena dengan lambatnya respon dari UI/UX desain yang kamu hasilkan, maka semakin besar risiko pengunjung untuk segera berpindah dan mencari brand lain yang lebih cepat dan tidak membuang waktu lama.

Login tanpa Password

Semakin maraknya penerapan Internet of Things di setiap aspek kehidupan manusia telah menjadikan segala hal menjadi lebih praktis dan mudah. Tak terkecuali, penggunaan smartphone yang semakin canggih pun memudahkan kamu untuk mengakses ponsel pintar yang kamu miliki hanya dengan fingerprint atau Face ID yang semakin canggih. Untuk itulah di tahun 2021 ini, pastikan aplikasi yang kamu buat sudah dapat memudahkan pengguna untuk login dengan hanya melalui face authentication, PIN, atau fingerprints. Selain rentan terkena perilaku kejahatan di internet, penggunaan password yang masih diterapkan juga dapat membuat masyarakat kesulitan bila sewaktu-waktu lupa dengan kata sandi rumit yang dimiliki, serta dapat mengurangi nilai bisnis kamu di mata pengguna.

Usable dan Familiar

Apa gunanya suatu UI/UX desain yang menarik bagi masyarakat secara visual, tetapi semua fitur atau menu tidak dapat berfungsi dengan baik? Jadi, jangan hanya berfokus pada desain yang dilihat oleh pengguna, tetapi juga fokus pada setiap aspek penting yang memiliki fungsinya masing-masing. Dengan memiliki aplikasi atau situs web yang usable atau mudah digunakan dan semua layanannya berjalan dengan baik, maka pengguna dapat menggunakan website atau aplikasi hanya dengan melalui intuisi yang natural karena layout yang mudah dimengerti. Pada akhirnya, pengguna yang merasa nyaman dengan hasil UI/UX yang kamu desain, akan kembali menggunakan situs atau aplikasi yang kamu buat karena terbukti memudahkan.

Tertarik mengembangkan kemampuanmu dalam menciptakan UI/UX Design yang tepat? Yuk, ikuti webinar gratisnya bersama Product Designer berpengalaman dari Techno Infinity pada hari Kamis, 17 Juni 2021 pukul 15.00 hingga 17.00 WIB. Mari bersama Biztech Academy raih ilmu yang lebih tinggi dan pengalaman menarik dari para ahli!

Related Posts

No results found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu
Open chat