Jangan salah sangkah dulu. ‘Menjual diri‘ yang dimaksud adalah tentu saja untuk menjual kemampuan dan keahlian kita secara profesional atau bahasa lainnya dapat diartikan sebagai usaha mencari kerja, promosi diri atau branding bergantung pada tujuan yang dikehendaki dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di  Linked In. Sebab bukan tidak mungkin para pemburu karyawan beroperasi atau mencari referensi dari situs ini.

Linked In adalah salah satu jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan lainnya, namun Linked In tampil sedikit berbeda dari jejaring sosial kebanyakan karena sosial media ini memposisikan diri sebagai jejaring bagi kalangan profesional. Alhasil, mengoptimalkan Linked In untuk ‘menjual diri‘ secara online pun lebih memungkinkan.

Namun, walau demikian, Linked In bukan hanya untuk orang-orang terkenal atau perusahaan besar saja, loh. Linked In juga merupakan sumber daya berharga untuk usaha kecil karena  dapat bertumbuh dan mendorong hubungan bisnis baru jika kita mau menfaatkan fasilitas dari LinkedIn ini.

Inti dari jejaring sosial LinkedIn ini adalah untuk membuat hubungan bisnis-ke-bisnis, tidak peduli apa jenis pekerjaan atau jenis usaha kita, LinkedIn dapat bermanfaat untuk:

  1. Mendemonstrasikan keahlian melalui konten yang kita posting di bagian jawaban situs tersebut, dengan melalui pertanyaan terbuka yang diajukan oleh orang lain dan menjawab pertanyaan yang ada dengan jawaban yang sesuai dengan keahlian kita.
  2. Menghubungkan dengan profesional di dalam grup atau showcase komunitas tertentu. Melalui grup, kita dapat berdiskusi pada topik yang sesuai dengan professi kita supaya dapat terhubung dengan para professional lainnya dan memperoleh banyak informasi dan pengetahuan.
  3. Membantu upaya optimasi mesin pencari Anda. Mesin pencari seperti Google menyukai inbound link. Halaman profil pribadi Anda dan halaman perusahaan dapat memberikan tautan (link) ke website Anda, ini dapatmemberikan Anda peringkat yang lebih tinggi di dunia Google.
  4. Mendapatkan informasi terbaru yang berhubungan dengan professi kita. Dengan menggunakan LinkedIn, Anda bisa mendapatkan berita terbaru dikirimkan langsung ke inbox Anda dan / atau di bagian atas layar Anda setiap kali Anda log in

Secara garis besar Linked In mampu membantu kita membuat profil profesional kita secara online, menemukan hubungan baru, mengenal profesi seseorang, dan keberadaan sebuah perusahaan.

Jadi, siapa takut “menjual diri” di Linked In. Selamat berkoneksi.

 

Sumber: pakaronline.com

 

 

0
Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2018 IT Learning Center Indonesia
IT Learning Center @ Proxsis Space