Mengapa Perusahaan Besar di Dunia Mengandalkan Linux?

Mengapa Perusahaan Besar di Dunia Mengandalkan Linux?

Blog

Mengapa Perusahaan Besar di Dunia Mengandalkan Linux?

Terus berkembang hingga saat ini, Linux mempertahankan keunggulan kompetitif yang kuat atas penawaran server lainnya, termasuk Microsoft Windows yang sangat populer. Tetapi mengapa demikian? Mengapa perusahaan besar di dunia mengandalkan Linux? Untuk menjawab pertanyaan itu, pertama-tama orang harus memahami apa itu Linux.

Apa Itu Linux?

Linux mengawali ketenarannya pada dunia pusat data sebagai alternatif dari UNIX. Pada saat itu, sistem operasi UNIX menguasai industri dan untuk alasan yang baik. Mereka memiliki kinerja yang bagus, toleran terhadap kesalahan dan sangat stabil. Namun, mereka membutuhkan biaya yang mahal dan harus berjalan pada perangkat keras yang eksklusif. Banyak utilitas dan aplikasi yang sudah dikenal yang dikembangkan untuk platform UNIX tersebut akhirnya di-porting ke Linux. Jadi, begitu Linux menjalankan layanan seperti Apache, tidak mengherankan jika Linux akan merebut dan menggantikan teknologi yang sama yang pernah menginspirasi pembuatannya. Bagian terbaiknya adalah Linux berjalan pada perangkat keras komoditas x86. Pada akhirnya, siapa pun dapat menggunakan server Linux dengan biaya yang lebih rendah untuk menyebarkan sesuatu dari Sun Microsystems, Silicon Graphics (SGI) atau dari distributor UNIX lainnya.

Singkatnya, Linux adalah kernel UNIX yang gratis dan bersumber terbuka. Ini dilisensikan di bawah GNU General Public License versi 2 (GPLv2). Awalnya dirilis pada tahun 1991, Linus Torvalds terus mempertahankan proyek tersebut. Pada awal kehidupannya, Linux dapat menggunakan dan menggunakan perpustakaan dan aplikasi GNU yang umum. Hal ini memungkinkan kernel tidak hanya menjadi lebih berguna tetapi juga membantu mendorong lebih banyak pengguna untuk mencoba-coba dan pada akhirnya berkontribusi kembali ke proyek. Hasilnya, proyek Linux berkembang, dan berkembang pesat. Itu terus menarik perhatian positif.

Saat ini, Linux digunakan di sebagian besar pusat data di seluruh dunia dan mengelola beberapa aplikasi dan layanan internet yang paling penting – bahkan menjalankan apa yang biasa kita sebut sebagai cloud. Sejumlah besar perusahaan mempercayai Linux untuk mempertahankan beban kerja mereka dan melakukannya dengan sedikit atau tanpa gangguan atau waktu henti. Kernel bahkan telah merayap masuk ke sistem hiburan rumah, mobil, dan perangkat seluler. Di mana pun kamu dapat menemukan Linux.

Apa yang membuat Linux menarik, tak bisa dipungkiri bahwa harga merupakan alasan awalnya. Sangat sulit untuk bersaing dengan yang gratis. Ketika Linus pertama kali mengumumkan hobinya pada sebuah proyek di newsgroup Minix, itu adalah menawarkan alternatif lain yang mirip UNIX – yang berjalan pada arsitektur i386. Pada saat itu, alternatif UNIX lainnya hanyalah BSD dan Minix.

Apa yang akhirnya membantu menjaga harga kernel tetap rendah adalah lisensinya. Banyak proyek perangkat lunak di sekitar kernel juga menggunakan lisensi sumber terbuka yang sama atau serupa. Ini memudahkan distribusi, selama distributor mematuhi semua lisensi paket.

Alasan Perusahaan Besar di Dunia Menggunakan Linux

Stabilitas

Mengutip Eric S. Raymond dan definisi Hukum Linus dalam bukunya The Cathedral and the Bazaar: “Mengingat cukup banyak bola mata, semua serangga itu dangkal.” Seiring dengan berkembangnya proyek dalam baris kode, begitu pula jumlah pengembang dan pengguna yang menyentuhnya. Orang-orang yang berdedikasi ini menghabiskan waktu berjam-jam untuk menemukan dan segera memperbaiki bug – bug yang mungkin menyebabkan ketidakstabilan pada satu titik waktu atau di bawah beban kerja yang sangat spesifik.

Portabilitas

Sampai saat ini, kernel Linux mendukung sebagian besar arsitektur perangkat keras dan periferal perangkat keras di dunia pengembangan perangkat lunak. Kamu tidak dapat menemukan kernel yang dirancang untuk berjalan pada beberapa versi 32- dan 64-bit x86, ARM, MIPS, SPARC, POWER, mikroprosesor dan bahkan mendukung beberapa perangkat keras terpanas, paling tidak jelas atau usang. Dan, ia melakukannya dari satu sumber.

Keamanan

Untuk alasan yang sama dengan stabilitasnya, Linux tetap menjadi kernel paling aman yang saat ini berjalan dalam produksi. Ketika eksploit ditemukan, eksploit tersebut segera ditambal ke kernel stabil terbaru dan kemudian di-backport ke semua kernel yang didukung Jangka Panjang (LTS) yang terpengaruh.

Menarik inspirasi tambahan dari pendahulunya UNIX, sejak awal, Linux dirancang untuk menjadi sistem operasi multipengguna. Ini memungkinkan untuk izin yang lebih ketat dan kontrol akses untuk pengguna dan aplikasi. Meskipun bukan tidak mungkin, Linux telah mengurangi motivasi calon penyerang untuk menulis virus atau malware untuk platform tersebut.

Dukungan

Manfaat lain dari lisensi sumber terbuka, perusahaan yang mendistribusikan ulang Linux dapat memfokuskan sebagian besar upaya mereka untuk memastikan bahwa pelanggan mereka tidak menerima apa pun kecuali dukungan kelas satu. Tidak seperti vendor perangkat lunak sumber tertutup, distributor Linux memiliki hak istimewa untuk memanfaatkan bakat dari banyak pengembang dan pengguna yang sangat cerdas di seluruh dunia untuk mengembangkan dan menguji perangkat lunak mereka – paling sering, tanpa biaya tambahan bagi mereka.

Meskipun Linux dan sistem operasi yang menggunakan kernel gratis, mendukung sistem operasi tersebut biasanya mengharuskan perusahaan dan pengguna akhir untuk membayar langganan dukungan. Dengan cara ini, kamu dijamin mendapatkan teknologi perangkat lunak terbaru, dukungan perangkat keras, dan tambalan keamanan yang terintegrasi ke dalam lingkungan dan ke mesin fisik atau virtual.

Semoga penjelasan ini cukup memenuhi kaingintahuanmu terkait mengapa perusahaan besar di dunia menggunakan Linux  ya! Kalau kamu membutuhkan pelatihan Linux, jangan ragu untuk menghubungi kami! Kami menyedikan beraneka ragam training yang dapat meningkatkan kompetensimu sehubungan dengan kompetensi IT teknis loh!

Related Posts

No results found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu
Open chat