Mengapa Website Harus Memiliki FAQ? Ini Manfaatnya!

Tujuan dibangunnya sebuah situs web tentu tak lain adalah sebagai penghubung antara konsumen dengan penjual. Selain dapat memberikan informasi jelas terkait produk atau layanan yang ditawarkan, memiliki situs web juga kini menjadi strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan dan memperlihatkan keunggulan yang ada pada produk/layanan yang ditawarkan.

Terlebih, hal ini juga didukung oleh perkembangan dunia internet di era digital yang semakin berkembang pesat hingga membuat siapapun dan di manapun dapat mengakses berbagai situs web kapan saja. Tapi perlu diperhatikan, mudahnya pembuatan situs web dan akses web yang praktis juga menjadikan banyaknya ‘saingan’ atau ‘kompetitor’ yang unggul dan memperlihatkan kelebihan situs web mereka. Untuk itu, diperlukan nilai lebih yang harus kamu tanamkan dalam website yang kamu buat, salah satunya adalah dengan memunculkan layanan FAQ.

FAQ atau Frequently Asked Question merupakan daftar pertanyaan yang paling sering diajukan dari konsumen terkait produk/layanan yang ditawarkan oleh suatu bisnis. Menempatkan FAQ pada situs web yang disertakan dengan jawaban informatif tentu tidak hanya akan menguntungkan pengunjung situs yang penasaran, tetapi juga membuat bisnis kamu lebih menguntungkan. Mengapa demikian? Ini ragam manfaatnya:

  1. Menghemat waktu pengunjung situs untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Daripada menuliskan kontak info yang mengharuskan pengunjung untuk menghubungi kamu terlebih dahulu, kamu bisa langsung menghemat banyak waktu dengan menempatkan kolom FAQ untuk pengunjung mencari tahu. Pengunjung yang merasa terbantu akan merasa bahwa bisnis kamu memang menyediakan layanan terbaik dan dapat langsung melakukan transaksi pembelian.

  1. Meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap bisnis.

Dengan menuliskan jawaban detail terkait pertanyaan yang paling sering diajukan, kamu secara tidak langsung juga telah meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen karena konsumen merasa bahwa produk/layanan yang kamu jual adalah benar adanya. Kamu juga bisa menambahkan pertanyaan terkait jaminan yang didapat oleh konsumen apabila ada kerusakan atau gangguan yang merugikan konsumen. Melalui fitur inilah, konsumen akan merasa bahwa produk/layanan yang kamu tawarkan pasti berkualitas.

  1. Memaksimalkan SEO pada mesin pencarian.

Tahukah kamu apa itu SEO? SEO merupakan Search Engine Optimization yang sangat berfungsi apabila kamu ingin menaikkan trafik dan memunculkan website-mu sebagai nomor satu di mesin pencarian. Namun, hal ini tentu tidak dapat dicapai bila situs kamu tidak memiliki konten yang menarik dan diikuti dengan kata kunci yang dibutuhkan oleh mesin pencarian. Menambahkan fitur FAQ dapat menjadi solusi terbaik untuk turut meningkatkan SEO agar situs kamu bisa muncul di mesin pencarian. Tapi, tidak sembarang kata kunci, kamu harus menempatkan kata-kata terbaik yang sudah dioptimalkan untuk mendukung peringkat website.

Melalui FAQ yang fokus pada kebutuhan pelanggan, maka website kamu dapat menjadi lebih bernilai dan sesuai dengan yang diinginkan masyarakat. Namun tidak hanya berhenti di situ saja, kamu juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami, tampilan visual yang tidak membingungkan, dan juga kolom tambahan untuk pengunjung menanyakan pertanyaan lebih yang tidak terdaftar di FAQ kamu.

Related Posts

No results found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu
Open chat