Pengertian dan Keuntungan Laravel

Pengertian dan Keunggulan Laravel

Blog

Pengertian dan Keunggulan Laravel

Di jaman yang semakin maju ini, aplikasi website menjadi komponen penting dalam proses marketing sebuah perusahaan atau brand. Untuk itu, diperlukan alat yang cukup efektif dan efisien untuk developer dalam membuat aplikasi website yang cocok untuk mendukung proses marketing tersebut. Untuk membuat aplikasi websiter tersebut, diperlukan yang Namanya framework. Pengertian dan keuntungan Laravel.

Framework adalah seperangkat struktur dan pedoman konseptual, yang digunakan untuk membangun sesuatu yang bermanfaat. Jadi bisa dikatakan framework merupakan software untuk memudahkan para programer untuk membuat sebuah aplikasi web.

Dalam framework terdapat software, Software Framework adalah struktur yang dapat kamu gunakan dalam membangun sesuatu. Software Framework memungkinkan kamu untuk menggunakan jenis komponen yang berbeda, berkomunikasi dengan API eksternal dan menentukan struktur aplikasi.

Di sini lah Laravel mengambil peranan penting. Laravel dapat membantu developer untuk membuat dan mendesain aplikasi website mereka dengan mudah.

Apa itu Laravel?

Laravel adalah satu-satunya framework yang membantu pengembang untuk memaksimalkan penggunaan PHP di dalam proses pengembangan website. Laravel merupakan framework PHP (Hypertext Preprocessor) yang berfungsi untuk menghasilkan aplikasi web bagus dengan lebih mudah dan cepat. Laravel membuat bahasa pemrograman menjadi lebih powerful, cepat, aman, dan simpel.

Laravel diluncurkan sejak tahun 2011 oleh Taylor Otwell. Laravel fokus pada kejelasan dan kesederhanaan, baik penulisan maupun tampilan, serta menghasilkan fungsionalitas aplikasi web yang bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini membuat developer maupun perusahaan menggunakan framework ini untuk membangun apa pun, mulai dari proyek kecil hingga skala perusahaan kelas atas.

Fitur-Fitur Laravel

Setelah mengenal soal Laravel, selanjutnya yang terpenting adalah mengenal fitur-fitur Laravel yang membuat framework ini menjadi framework terbaik untuk membuat aplikasi web:

  1. Blade Template Engine. Laravel menggunakan Blade. Blade merupakan template engine untuk mendesain layout yang unik. Layout yang didesain dapat digunakan di tampilan lain sehingga menyediakan konsistensi desain dan struktur selama proses pengembangan. Dibandingkan dengan template engine lain, Blade mempunyai kelebihan: tidak membatasi pengembang untuk menggunakan kode PHP biasa di dalam tampilan; desain tampilan blade akan tetap di-cache sampai dengan ada modifikasi.
  2. Routing. Di Laravel, semua request dipetakan dengan bantuan rute. Dasar dari routing adalah merutekan request ke kontroler terkait. Routing ini dianggap dapat mempermudah pengembangan website dan meningkatkan performanya. Setidaknya ada tiga kategori routing di Laravel, yaitu basic routing, route parameters, dan named routes.
  3. Modularity. Fitur ini membantu Anda untuk menyempurnakan dan meningkatkan fungsionalitas dari website yang dibangun, serta mempermudah proses update.
  4. Testability. Laravel dibangun dengan fitur proses pengecekan yang cukup lengkap. Framework ini mendukung proses pengecekan dengan PHPUnit dan file phpunit.xml yang dapat disesuaikan dengan aplikasi web yang sedang dibangun. Framework ini juga dibangun menggunakan metode pembantu yang nyaman. Metode ini memungkinkan Anda untuk menguji website secara ekspresif.
  5. Query Builder and ORM. Laravel database query builder menyediakan antarmuka yang lancar untuk membuat dan menjalankan database query. Fitur ini dapat digunakan untuk menjalankan berbagai operasi database di dalam website dan mendukung berbagai sistem database.
  6. Authentication. Laravel membuat pengimplementasian otentikasi menjadi sangat sederhana. Seluruh proses konfigurasi otentikasi sudah berjalan secara otomatis. File konfigurasi otentikasi ini bisa ditemukan di di ‘config/auth.php’. Di dalam file ini terdapat beberapa opsi otentifikasi yang sudah terdokumentasikan dengan baik dan sewaktu-waktu dapat disesuaikan dengan kebutuhan sistem.
  7. Schema Builder. Class Laravel Schema menyediakan database agnostic untuk memanipulasi tabel. Schema ini berjalan baik di berbagai tipe database yang didukung Laravel dan mempunyai API yang sama di seluruh sistem.
  8. Configuration Management Features. Seluruh file konfigurasi Laravel disimpan di dalam direktori config. Setiap opsi didokumentasikan dengan baik. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mengubah setiap konfigurasi yang tersedia.
  9. E-mail Class. Laravel menyediakan API beberapa library SwiftMailer yang cukup populer dengan koneksi ke SMTP, Postmark, Mailgun, SparkPost, Amazon SES, dan sendmail. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan email dengan cepat melalui aplikasi lokal maupun layanan cloud.
  10. Laravel menggunakan Redis untuk menghubungkan antara sesi yang sudah ada dengan cache general-purpose. Redis terkoneksi dengan session secara langsung. Redis merupakan aplikasi open-source yang menyimpan key-value. Redis juga sering dikenal dengan server struktur data yang dapat menyimpan key dengan tipe strings, hashes, lists, sets, dan sorted sets.
  11. Event and Command Bus. Laravel Command Bus menyediakan metode pengumpulan tugas yang dibutuhkan aplikasi supaya dapat berjalan secara simpel dan perintah yang mudah dimengerti. Pengertian dan keuntungan Laravel.

Mengapa Menggunakan Laravel?

Mengapa pengembang harus menggunakan Laravel? Apa yang membuat framework PHP ini jauh lebih unggul dibanding framework lainnya? Berikut adalah beberapa faktor yang membuat Laravel menjadi pilihan tepat untuk pengembang dalam membangun aplikasi website:

  1. Template layout ringan. Laravel menyediakan sebuah templat layaout yang sangat ringan, Terdapat juga sebuah fitur yang memungkinkan untuk menambahkan template tambahan yang ringan. Bagi para developer dapat melakukan pengembangan secara powerfull.
  2. Dukungan Framework MVC. Laravel adalah salah satu dari sekian framework yang mendukung framework MVC (Model-View-Controller). MVC menangani hampir keseluruhan bagian aplikasi Laravel. Pemisahan antara logika dan tampilan aplikasi sangat mungkin bisa dilakukan menggunakan framework MVC. Selain itu, performa yang optimal, dokumentasi yang lengkap, dan berbagai macam aplikasi tambahan tersedia di dalam framework Laravel yang terintegrasi dengan MVC ini.
  3. Mempunyai banyak library. Framework Laravel mempunyai library Object Oriented yang sangat banyak. Selain itu, Laravel juga mempunyai berbagai macam library yang tidak ada di dalam framework PHP populer lainnya. Salah satu library yang paling penting adalah library otentikasi. Anda memerlukan library ini untuk menyediakan fitur otentifikasi yang canggih. Library otentifikasi Laravel juga menyediakan Bcrypt hashing yang merupakan salah satu fitur tercanggih di bidang otentifikasi.
  4. Modul bersifat individu dan independent. Dalam satu aplikasi laravel, Terdapat lebih dari 20 modul library yang digunakan dan masing-masing modul bersifat individu. Selain bersifat infividu modul tersebut juga bersifat independen dalam mengadopsi prinsip PHP modern. Dengan begitu maka modul-modul tersebut akan membuat aplikasi web menjadi lebih informatif, modular, dan responsif.
  5. Tersedia Tool Artisan. Dalam satu aplikasi laravel, Terdapat lebih dari 20 modul library yang digunakan dan masing-masing modul bersifat individu. Selain bersifat infividu modul tersebut juga bersifat independen dalam mengadopsi prinsip PHP modern. Dengan begitu maka modul-modul tersebut akan membuat aplikasi web menjadi lebih informatif, modular, dan responsif.

Itulah beberapa informasi mengenai framework Laravel. Laravel cukup istimewa karena mempunyai segudang fitur dan packages yang dapat Anda tambahkan sendiri. Jika menginginkan framework yang sederhana untuk membuat aplikasi web yang cukup kompleks, Laravel adalah salah satu pilihan framework terbaik. Pengertian dan keuntungan Laravel.

Mau belajar Laravel, yuk ikut program berikut ini!
Laravel Gratis

Related Posts

No results found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu
Open chat