Menurut Kurniadi (2011:5) “Visual Basic merupakan sebuah sarana pembuat program yang lengkap namun mudah, siapapun yang bisa menggunakan windows, ia pasti bisa membuat program Visual Basic”.

Menurut Sunyoto (2007:1) “Visual Basic adalah Program untuk membuat aplikasi berbasis Microsoft Windows secara cepat dan mudah. Visual Basicmenyediakan tool untuk membuat aplikasi yang sederhana sampai aplikasi kompleks atau rumit baik untuk perusahaan/instansi dengan sistem yang lebih besar”.

Sedangkan menurut Kurniadi (2011 : 5) Visual Basic adalah sebuah sarana pembuat program yang lengkap namun mudah, siapapun yang bisa menggunakan windows, ia pasti bisa membuat program dengan Visual Basic. Anda hanya perlu tahu cara menggunakan mouse, memanipulasi jendela, serta logika pemograman untuk membuat sebuah aplikasi Visual Basic.

Baca juga : Tentang Microsoft Visual Studio dan Kegunaannya

Komponen Visual Basic 6.0

Microsoft Visual Basic terdiri dari beberapa elemen, yaitu:

a. Title Bar

Title Bar adalah judul dari project yang sedang dijalankan.

b. Menu Bar

Menu Bar merupakan kumpulan perintah-perintah yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya masing-masing.

c. Toolbar

Toolbar merupakan sekumpulan tombol yang mewakili perintah tertentu, pada umumnya tombol-tombol yang terdapat pada toolbar merupakan perintah-perintah yang sering digunakan.

d. Project Explorer

Jendela Project Explorer adalah jendela yang mengandung semua file didalam aplikasi Visual Basic. Setiap aplikasi dalam Visual Basic disebut dengan istilah project (proyek), dan setiap proyek bisa mengandung lebih dari satu file. Pada project explorer ditampilkan semua file yang tedapat pada aplikasi (proyek), misalnya form, module, class dan sebagainya.

e. Properties Windows

Properties Windows adalah sebuah windows yang mengandung semua informasi mengenai objek yang terdapat pada aplikasi Visual BasicProperties adalah sifat dari sebuah objek, misalnya seperti nama, warna, ukuran, posisi dan sebagainya.

f. Toolbox

Toolbox adalah tempat objek-objek yang bisa langsung di drag lalu di drop ke form windows.

g. Form Windows

Form Windows adalah tempat untuk mendesain tampilan visual dari suatu aplikasi, objek disimpan di form windows yang diambil dari toolbox. Untuk merubah nilai-nilai objek yang ada di dalam form windows bisa menggunakan properties.

h. Code Windows

Code Windows merupakan tempat untuk menulis kode program, letaknya sama dengan form windows. Untuk mengaksesnya, hanya dengan menekan tombol view code yang terdapat pada jendela solution explorer dengan double klik pada objek yang akan diakses.

i. Context Menu

Context Menu berisi sortcut yang suatu saat bisa digunakan untuk membuka sebuah context menu suatu objek. Untuk membuka context menu ini, dengan cara mengklik kanan objek yang aka dibuka context menunya.

j. Windows Form Layout

Windows Form Layout dapat digunakan untuk mengontrol posisi form pada aplikasi dengan menggunakan sistem grafik dalam sebuah layar. Dengan fasilitas ini, anda dapat melihat dan mengetahui posisi form yang baru anda desain.

 

Source//carayayang.blogspot.com

0
Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2018 IT Learning Center Indonesia
IT Learning Center @ Proxsis Space