system administrator

Tutorial Menjadi System Administrator Sekeren Bang Jago!

Blog

System administrator adalah profesi yang memegang peranan penting dalam menjaga sistem komputer di perusahaan. Oleh sebab itu, tidak bisa tidak, sbuah perusahaan pasti membutuhkan System Adminstrator untuk memastikan sistem komputer TI perusahaannya berjalan lancar. Apakah kamu tertarik menjadi System Administrator? Bagaimana ya cara pekerjaanya? SImak terus artikel ini.

Apa Itu System Administrator?

System Administrator (dikenal juga sebagai admin, administrator, sysadmin, site admin, dll) merupakan profesi yang memiliki tugas untuk melakukan administrasi terhadap sistem, melakukan pemeliharaan sistem, memiliki kewenangan mengatur hak akses terhadap sistem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem. Administrator atau system administrator ini biasanya masuk ke dalam departemen atau divisi teknologi dan informasi dalam struktur organisasi perusahaan.

System administrator adalah profesi yang memegang peranan penting dalam menjaga sistem komputer di perusahaan. Oleh karena itu untuk menjalankan profesi ini dibutuhkan sejumlah kualifikasi khusus yang harus dimiliki.system administrator adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan memperbaiki adanya malfungsi pada sistem komputer seperti pada hardware dan software-nya.

Menurut Robert Half, system administrator adalah pekerjaan yang bertanggung jawab atas kelancaran, konfigurasi, dan pemeliharaan sistem komputer perusahaan.

Di sebuah perusahaan, tentunya seorang system administrator akan berada di dalam departemen IT. Namun, mereka juga harus bekerja sama dengan seluruh tim yang ada di perusahaan. Pasalnya, mereka harus memantau kinerja setiap sistem komputer yang ada di perusahaan.

Pekejaan System Administrator

Tanggung jawab:

  • Melaporkan ke Manajer IT
  • Menjaga dan meningkatkan lingkungan yang ada agar terus diperbarui sesuai standar industri
  • Membangun dan mempromosikan desain dan solusi sistem di praktik terbaik untuk memenuhi tujuan perusahaan
  • Menjaga dan meningkatkan lingkungan yang ada agar terus diperbarui sesuai standar industri
  • Tes dan penelitian tentang pembaruan keamanan terbaru
  • Pemantauan sistem
  • Pengaturan akun baru dan administrasi direktori aktif
  • Desain sistem sistem komputer baru dan kinerja server
  • Menjalankan laporan kinerja sistem untuk tim dan organisasi yang lebih luas
  • Mengoptimalkan proses dan memimpin peningkatan proses
  • Kelola kredensial dan kerangka kerja staf dan pengguna
  • Memecahkan masalah teknis
  • Buat dan terapkan pelatihan untuk staf
  • Mengkoordinasikan dan memberikan dukungan untuk Firewall dan sistem jaringan
  • Pastikan sistem aman dan terlindungi dari pelanggaran atau virus
  • Perencanaan mitigasi risiko

Persyaratan:

  • Baik sikap, perhatian terhadap detail, pemain tim dan juga nyaman untuk bekerja secara individu
  • Pemahaman yang mendalam tentang tumpukan jaringan, TCP / IP, dan arsitektur paket / bingkai tingkat rendah
  • Keakraban dengan teknologi virtualisasi
  • Keterampilan pemecahan masalah tingkat tinggi
  • Kemampuan berpikir analitis dan kritis
  • Keterampilan interpersonal dan kolaboratif yang kuat
  • Keahlian komunikasi tertulis dan verbal yang luar biasa

Tutorial Menjadi Sistem Administrator

Install Linux

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah memasang distribusi GNU/Linux pada Laptop atau komputer. Hal ini akan membuatmu terbiasa, kamu bisa memasang distribusi Debian, Ubuntu, CentOS atau yang lain, setelah memasangnya cobalah melakukan instalasi perangkat lunak, mengkonfigurasi jaringan, melakukan mount cdrom atau harddisk, dan lain sebagainya.

Mempelajari Perintah Command Line GNU/Linux

Ini merupakan poin yang paling wajib, pada Server tidak terdapat Antarmuka grafis, dan setiap kamu melakukan sesuatu harus melalui terminal. Kamu diharuskan mengetahui perintah pada command line GNU/Linux perintah dasar seperti cd, Is, pwd, rm, cp, mv, cat, more, less dll, perintah tingkat lanjut seperti sed, grep, awk dll, dan juga perintah untuk mengecek sistem seperti du, free, df dll.

Membuat Virtual Lab

Kamu bisa menggunakan VirtualBox untuk membuat virtual lab. Coba pasang berbagai distribusi GNU/Linux pada VirtualBox dan buat lah sebuah web server, database server, monitoring server, atau hanya sekedar mencoba melakukan pemasangan perangkat lunak pada setiap distribusi, karena setiap distribusi menggunakan paket menejer yang berbeda, seperti debian dan ubuntu yang menggunakan APT, RHEL dan CentOS yang menggunakan YUM, atau hanya mencoba cara untuk mengelola setiap service pada setiap init sistem yang berbeda.

Membaca Dokumentasi

Hal ini biasanya banyak dilupakan sysadmin pemula, biasanya untuk mencari sebuah solusi langsung melakukan browsing pada mesin pencari seperti google dan tidak membaca dokumentasi, padahal terdapat banyak informasi yang bisa didapat pada dokumentasi, dan informasi yang diberikan sangat detil, kamu bisa melihat dokumentasi dengan perintah man, atau menggunakan parameter -help atau juga membaca dokumentasi daring yang bisa dilihat pada situs web resminya.

Bergabung dengan Komunitas

Dengan bergabung dengan komunitas sysadmin daring ataupun luring akan menambah wawasanmu, kamu bisa bertanya dan menjawab pertanyaan orang lain, atau sekedar menyimak pembahasan yang lain, bertemu dengan orang-orang yang tingkat keterampilannya jauh lebih hebat, dan ketika mereka melakukan sharing akan membuat ilmu dan wawasanmu bertambah.

Ikut Training dan Sertifikasi

Jika kamu mengalami kesulitan saat belajar sendiri, training dapat menjado solusi yang dapat kamu ambil. Dengan menikuti training, kamu akan dipandu tahap demi tahap ioleh pengajar yang kompeten dan berpengalam. Kamu juga bisa mengikuti berbagai macam sertifikasi loh, untuk bukti bahwa kamu memiliki kompetensi. Tahu kan kalua kamu juga bisa mnegikuti pelatihan ini di hemera academy?

Mengunjungi Sumber-sumber Terpercaya

Untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai Linux Server, Sysadmin, Cloud Computing, keamanan dan masih banyak lagi, kamu harus rajin-rajin membaca materi agar dapat selalu update. Salah satunya tentu dengan sering-sering baca artikel di sini ya!

Related Posts

No results found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu
Open chat