Welcome to the New Era of 5G “The Next Generation of Connectivity”

Blog

Biasanya, di pojok kanan ponsel kita akan menemui kata 4G,3G, ataupun H. kata tersebut secara simbolis menunjukkan standar   kecepatan konektivitas internet pada ponsel kamu. Namun tidak lama lagi, pojok kanan ponsel kamu akan menampilkan kata “5G”.

Apa Itu 5G?

        5G (Fifth Generation) adalah generasi ke lima sebagai fase berikutnya yang melebihi standar telekomunikasi seluler yang melebihi standar 4G. Generasi jaringan yang kelima ini merupakan sebuah revolusi di bidang teknologi mobile. Fitur beserta kegunaannya sangat jauh di dalam melampaui harapan manusia normal. Yaitu berupa kecepatan yang ultra tinggi dengan potensi yang sangat cukup untuk mengubah makna dari pada kegunaan ponsel. Teknologi 5G ini nantinya akan memberikan jaringan nirkabel yang fleksibel, dapat diandalkan, dan aman untuk menghubungkan orang dengan seluruh aplikasi, layanan, dan hal lainnya. Di era “Everything on Mobile and Connected”, jaringan mobile harus dapat memenuhi kriteria dari tiga dimensi, yaitu jumlah koneksi, latensi, dan throughput.

Baca juga :  

//itlearningcenter.id/fitur-fitur-pada-ios/

//itlearningcenter.id/begini-cara-whatsapp-video-call-group/

Di dalam teknologi 5G ini, data yang ada akan dikirimkan melalui gelombang radio yang nantinya akan terbagi lagi menjadi beberapa frekuensi yang berbeda satu dengan yang lain. Tiap-tiap frekuensinya kemudian dipersiapkan untuk jenis komunikasi yang berbeda pula. Adanya frekuensi-frekuensi tersebut telah diregulasi oleh ITU (International Telecommunication Union) yang merestrukturisasi bagian gelombang pada radio yang komprehensif untuk melakukan transmisi data sambil mengembangkan teknologi komunikasi yang telah masuk pada jaringan 3G dan 4G.

Jaringan 5G sendiri untuk saat ini tengah berada pada masa pengembangan dan rencananya akan dirilis secara resmi sebagai sebuah sistem operasi seluler pada tahun 2020.

 

Keunggulan 5G

Seperti namanya, 5G diciptakan agar dapat mencapai kecepatan internet yang lebih maksimal daripada standar yang sudah ada sebelumnya. Para pengembang dan pembuat standarisasi berharap agar kecepatan internet yang bisa dihasilkan oleh 5G mencapai 5 Gbps. Sedangkan kecepatan internet terkencang yang bisa dihasilkan oleh 4G saat ini mencapai 1 Gbps.

Uji coba untuk infrastruktur teknologi 5G ini sendiri sudah dilakukan oleh SK Telecom dan juga KOTSA di kawasan Korea Selatan. Contohnya adalah yang mencatat waktu unduh berkas yang besarnya 1 GB adalah sekitar 0,4 detik saja. Dengan adanya teknologi 5G, maka prediksi kecepatan yang ada adalah sekitar 800Gpbs atau memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat daripada kecepatan yang ada pada generasi sebelumnya dan dikenal dengan LTE.

Tidak hanya unggul dalam hal konektivitas internet saja, teknologi baru ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat inovatif. Di antaranya kamu bisa memakai koneksi internet broadband yang merupakan sebuah fitur penting serta mempesona karena banyaknya pilihan game di dalamnya. Selain itu, teknologi 5G ini juga akan dibekali dengan pilihan multimedia yang lebih luas serta konektivitas di berbagai tempat. Tidak hanya itu, ada juga keunggulan dari sisi suara yang tentu saja memiliki kualitas tinggi.

Adanya teknologi jenis ini tentu saja dapat membantu mempercepat serta memperlancar kehidupan digital di era mendatang. Bahkan, teknologi jenis ini memungkinkan semua hal dan semua bidang kemudian dapat dioperasikan melalui perangkat mobil dengan sistem koneksi kapan saja dan dimana saja.

 

Source :  www.tirto.id 

                www.gizmo.id 

                www.bbc.com

 

Related Posts

No results found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu
Open chat